Yuk Mengenal Beberapa Model Pembelajaran Yang Kreatif

Intipendidikan.com - Selamat Tulisan ini menyajikan ikhtisar beberapa Model Pembelajaran Kreatif yang sanggup dipakai guru untuk kepentingan efektivitas pembelajaran, diantaranya adalah:
A. Role Playing

ini menyajikan ikhtisar beberapa Model Pembelajaran Kreatif yang sanggup dipakai guru untu Yuk Mengenal Beberapa Model Pembelajaran Yang Kreatif

Langkah-langkah:
1.    Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.    Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
3.    Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.    Memberikan klarifikasi perihal kompetensi yang ingin dicapai
5.    Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.   Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
8.    Masing-masing kelompok memberikan hasil kesimpulannya
9.    Guru memperlihatkan kesimpulan secara umum
10.  Evaluasi
11.  Penutup

B. Group Investigation (Sharan, 1992)

Langkah-langkah :
1.  Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2.  Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan kiprah kelompok
3.  Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi kiprah sehingga satu kelompok menerima kiprah satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4.  Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua memberikan hasil pembahasan kelompok
6.    Guru memperlihatkan klarifikasi singkat sekaligus memberi kesimpulan
7.    Evaluasi
8.    Penutup
C.Talking Stick

Langkah-langkah :
1.   Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.   Guru memberikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
3.  Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4.  Guru mengambil tongkat dan memperlihatkan kepada siswa, sesudah itu guru memperlihatkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa menerima bab untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.    Guru memperlihatkan kesimpulan
6.    Evaluasi
7.    Penutup
D. Bertukar Pasangan

Langkah-langkah :
1.   Setiap siswa menerima satu pasangan (guru biasa memperlihatkan pasangannya atau siswa memperlihatkan pasangannya
2.    Guru memperlihatkan kiprah dan siswa mengerjakan kiprah dengan pasangannya
3.    Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4.    Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang gres ini saling menanyakan dan mengukuhkan tanggapan mereka
5.    Temuan gres yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
E. Snowball Throwing

Langkah-langkah :

1.    Guru memberikan materi yang akan disajikan
2.   Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memperlihatkan klarifikasi perihal materi
3.  Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4.  Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.    Kemudian kertas tersebut dibentuk menyerupai bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6.    Setelah siswa sanggup satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.    Evaluasi
8.    Penutup
F. Facilitator And Explaining

Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan penerima lainnya
Langkah-langkah :
1.    Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.   Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada penerima untuk menjelaskan kepada penerima lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
4.    Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5.    Guru membuktikan semua materi yang disajikan ketika itu
6.    Penutup
G. Course Review Horay

Langkah-langkah :
1.    Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2.    Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.    Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4.   Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh menciptakan kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
5.  Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis tanggapan di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan eksklusif didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar () dan salan diisi tanda silang (x)
6.   Siswa yang sudah menerima tanda vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7.   Nilai siswa dihitung dari tanggapan benar jumlah horay yang diperoleh
8.    Penutup
H. Demonstration

(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan contohnya Gussen)
Langkah-langkah :
1.  Guru memberikan TPK
2.  Guru menyajikan citra sekilas materi yang akan dismpaikan
3.  Siapkan materi atau alat yang diperlukan
4. Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
5.  Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
6. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
7.  Guru menciptakan kesimpulan
I. Explicit Instruction/Pengajaran Langsung (Rosenshina & Stevens, 1986)
Pembelajaran eksklusif khusus dirancang untuk mengembangkan mencar ilmu siswa perihal pengetahuan mekanisme dan pengetahuan deklaratif yang sanggup diajarkan dengan pola selangkah demi selangklah

Langkah-langkah :
1.    Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2.    Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.    Membimbing pelatihan
4.    Mengecek pemahaman dan memperlihatkan umpan balik
5.    Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
J. Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)/Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis(Steven & Slavin, 1995)

Langkah-langkah :
1.    Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2.    Guru memperlihatkan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3.   Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ilham pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4.    Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.    Guru menciptakan kesimpulan bersama
6.    Penutup
K. Inside-Outside-Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar (Spencer Kagan)
“Siswa saling membagi informasi pada ketika yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”

Langkah-langkah :
1.    Separuh kelas bangun membentuk bulat kecil dan menghadap keluar
2.  Separuh kelas lainnya membentuk bulat di luar bulat pertama, menghadap ke dalam
3.    Dua siswa yang berpasangan dari bulat kecil dan besar menyebarkan informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4.    Kemudian siswa berada di bulat kecil membisu di tempat, sementara siswa yang berada di bulat besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
5.    Sekarang giliran siswa berada di bulat besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
L .Tebak Kata

Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada tanggapan (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah :

1.    Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
2.    Suruhlah siswa bangun didepan kelas dan berpasangan
3.   Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya dihentikan dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
4.  Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. tanggapan sempurna bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5.  Apabila jawabannya sempurna (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum sempurna pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan eksklusif memberi jawabannya.
6.    Dan seterusnya
CONTOH KARTU
Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
Dimiliki oleh 1 orang
Struktur organisasinya tidak resmi
Bila untung dimiliki,diambil sendiri
NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA : PERUSAHAAN PERSEORANGAN
M. Word Square
MEDIA : Buat kotak sesuai keperluan dan buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
1.    Sampaikan materi sesuai TPK
2.    Bagikan lembaran acara sesuai contoh
3.    Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir abjad dalam kotak sesuai jawaban
4.    Berikan poin setiap tanggapan dalam kotak :

CONTOH SOAL
1.    Sebelum mengenal uang orang melaksanakan pertukaran dengan cara …….
2.    ……. Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.    Uang ……. Saat ini banyak di palsukan
4.    Nilai materi pembuatan uang disebut …….
5.    Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …….
6.    Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang ajaib disebut …….
7.    Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …….
8.    Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …….
9.    Perintah tertulis dari seseorang yang memiliki rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …….
T Y E N I O K N
R A U A N K U O
A B A R T E R M
N A N I R R S I
S D G I I T G N
A O N L S A I A
K L A A I S R L
S A C E K B O S
I R I N G G I T

Jabat Erat intipendidikan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pip Sd Tahap 8 Sudah Keluar Silahkan Didownlload Disini

Penyebab Guru Tidak Menerima Ajakan Ppg Di Simpkb 2018, Simak Infonya Disini

Pendidikan Indonesia, Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun 2017